Senin, 13 September 2021

(sebagian) Ciri-ciri Online Shop Penipu, Waspadai!

 Helooooo, I’m back dengan segala ke randoman ini huhuhu. Miss me? Nope? Ok, gapapaaa. :’)

Ok kesampingkan intro yang engga jelas itu, mesti kok kamu itu, Mar.

Hari ini, di postingan kali ini, aku mau berbagi pengalaman tentang ‘ketipu online shop’ dan gimana cara menghindarinya. Jadi, beberapa bulan yang lalu, aku dan mamaku, atau lebih tepatnya mamaku aja sih hwehehehe, kena tipu karena tergiur sama barang online shop yang harganya, jujurly, agak ngga realistis. Bukan berarti harganya murah terus barangnya jelek, engga. Itu masih bagus kalo kayak gitu. At least, barangnya masih dikirim, dan kita terima. Meskipun emang pastinya sangat bikin dongkol. Tapi, yang ini worse! Uda di transfer, barangnya engga dikirim dong! Kesel? BANGET!
 

Bisnis online shop belakangan ini memang lagi naik daun guys. Selain karena lebih mudah, lebih murah, banyak promonya, kita ga perlu repot-repot dateng ke seller, nawar-nawar secara langsung dengan tatap muka, hemat waktu, hemat tenaga, dan sebagainya. Apalagi jaman pandemi Covid-19 begini, dimana kita dianjurkan untuk melakukan transaksi secara digital demi menghindari virus, pastinya belanja online jadi alternatif.

Sebenernya apa aja siy kelebihan dan kekurangan belanja online? Ini beberapa kelebihan dan kekurangan belanja online menurut aku.

-          Kelebihan :

Ø  Hemat waktu, bisa dilakuin dimana aja, kapan aja, apalagi kalo pembayarannya terhubung dengan m-banking, asal hape nyala, terhubung ke internet, check out!

Ø  Hemat tenaga, ga perlu capek-capek keluar ke pasar, ke mall, atau ke supermarket. Cukup klik, bayar, voila! Barang yang kamu mau dikirim! Bahkan kaum mager dan kaum rebahan pun bisa, gile gak tuh? Wkwkwk.

Ø  Mudah. Siapapun bisa belanja. Asal teliti dan paham dengan proses jual belinya.

Ø  Lengkap. Apapun yang kita butuhin, bahkan misal barang yang kita cari itu termasuk kategori rare sekalipun, pasti ada.

 

-          Kekurangan :

Ø  Menjebak. Ini yang sering dialami sama orang-orang yang baru belajar belanja online. Kecuali kalo belanja online nya di luar aplikasi market place mungkin lebih sederhana.

Ø  Kita mesti ukur sendiri atau paham dengan ukuran kita, terutama kalo belanjanya baju atau sepatu. Biar engga salah ukuran, pastiin kita tau betul berapa lebar dada/panjang badan, atau panjang kaki kita.

Ø  Proses retur agak sulit, terutama kalo lewat market place. Biasanya hanya terjadi saat ada ketidaksesuaian barang, itupun proses retur harus dengan perjanjian antara buyer dan seller sebelum melakukan pembayaran.

Ø  Banyak banget yang belum paham sama COD. Padahal ini sebenernya salah satu fitur layanan yang sangat membantu para buyer daripada capek-capek ke ATM kalo ngga terhubung ke internet atau ngga punya akun m-banking, bisa bayar di tempat saat barang diterima lewat kurir, tapi karena masih banyak yang taunya COD itu berarti kurirnya yang juga jualan barangnya jadi misal ada ngga cocoknya, kurirnya yang dimaki-maki, bahkan parahnya juga sampe digebukin. Huhuhu.

Nah, lanjut ke topik semula. Gimana ceritanya mamaku kena tipu seller online? Jadi.., sebagaimana orang-orang seumuran aku, aku ini termasuk cukup lihai untuk urusan belanja online, jarang gitu kena apes. Yaa paling barangnya jelek aja ngga sesuai sama ekspektasiku, tapi itupun karena aku tipikal orang yang ‘asal murah, butuh, bisa dipake’, bukan orang yang ‘asal awet, mahal dikit gapapa’, jadi kadang yaa gitu apesnya aku kena barang yang ‘kurang layak’ dipake. Sedangkan mamaku, tipikal shopper yang gampang banget tergiur iklan, harga murah, barang ‘keliatannya bagus’, meskipun embel-embelnya agak ngga masuk akal siy, tapi kalo penasaran, sikaaaattt!

Sampe akhirnya, mama nemu sebuah akun di inst*gram. Iklannya pun ciamik, sangat click bait, bikin orang penasaran. Akhirnya cek-cek akunnya. Semua barang yang doi jual harganya seragam, caption nya pun juga. Singkat cerita, deal-deal an lah akhirnya mama sama sellernya via Whatsapp. Beberapa lembar baju tidur atau piyama premium dijual dengan harga sangat miring, 7 pcs cuma 400rb an include ongkir, manteb banget ga tuh? Akhirnya mama deal beli, dan suruh aku transfer ke rekening bank B**N sejumlah tsb. Already see something strange? Wait, nanti kita bahas.

Sehari, dua hari, tiga hari, sampe seminggu, barang yang dijanjikan doi kirim, ngga sampe-sampe. Akhirnya, inisiatif mama minta nomor resinya, dijawab nanti, nanti, nanti. Mungkin gerah dikejar-kejar pertanyaan soal nomor resi, nomor Whatsapp mamaku diblok. Yup, anda tidak salah baca manteman, di blokir. Gelagat makin ga beres, di DM lah ke ig nya. Last but not least, diblokir juga. Astagaaaa xD

Akhirnya aku coba untuk DM pake akun q, nanyain pertanggung jawaban dia sebagai seller, no respond but blocked. Astagaaa sudah gemes pengen berkata kasar aja ini mulut. Beneran deh. Akhirnya, dari situ aku belajar sesuatu. Ada beberapa ciri online shop yang ‘suka’ nipu. Apa aja cirinya?

-          Kalo diperhatiin, dia belum punya akun di market place (Lazada, Shopee, dll) meskipun akun ig nya punya cukup banyak followers (ribuan). Padahal lumrahnya, untuk memudahkan buyer memilih metode pembayaran, biasanya seller dengan ribuan followers punya akun di market place. Ini buat meyakinkan buyer juga, kalo mereka emang trusted. Kenapa? Karena setiap transaksi pembelian mereka bisa diawasi, sudah dikemaskah, sudah dikirimkah. Resi juga update di situ, jadi kenapa mereka ngga buka akun di market place?

-          Harga yang mereka tawarin seragam, alias sama semua. Bahkan captionnya pun sama, sekalipun modelnya beda-beda.




-          Harganya murah ngga wajar, meskipun barang yang mereka tawarin nampak sangat ‘premium’. Ngiler ngga?


 -         
Kolom komentar dibatasi padahal belum ada yang komen.  Ini mereka lakuin supaya ngga ada visitor profil mereka yang ngebaca komenan dari orang yang pernah jadi korban. Biasanya orang yang pernah jadi korban bakalan marah-marah di DM atau langsung di kolom komentar kalo DM mereka ngga dibalas. Nah menghindari mereka ‘ketauan’ sm ‘calon korban’ jadi mereka tutup semua kolom komentarnya.  Padahal dari situ aja kita bisa tau gimana reputasi si olshop ini. Mending klo ada orang komentar meskipun engga dibalas, at least orang bisa komentar.

-          Terakhir, dari informasi akunnya. Kalo akun baru, ngga mungkin mereka dapet followers sampe belasan ribu, kecuali artis, atau olshop yang emang sejak offline nya sudah besar dan terkenal, itu aja kadang ngga secepat itu pertumbuhan followersnya. Dan sebetulnya, dari info akun ini, kita bisa tau, berapa kali si owner ganti usernamenya, apa username lawasnya dan kapan bergabung. But sepertinya bagian ini masih bisa diutak-atik yang entahlah gimana caranya. Kalo username bisa dihapus dan diganti, tapi tangal gabung ngga akan bisa diubah. Jadi tinggal bandingkan aja.

 

-      Tambahan, ada juga ciri lainnya yaitu mereka pake rekening dari Bank B**N, udah 2 kali aku dapet cerita soal penipuan semacem ini, dan dari dua cerita itu mereka pake rekening bank B**N. Entah kenapa. Bukan soal bank apa yang mereka pake rekeningnya, tapi lebih ke tidak-umum nya rekening yang dipakai untuk jualan online. Biasanya siy olshop pake rekening bank yang umum dipake orang, ngga perlu aku sebutinlah yaa.

Well, sebenernya ini ngga mutlak ciri-ciri akun yang menipu, but rata-rata akun yang nipu emang seperti ini ciri-cirinya. Mungkin ada beberapa ‘gaya’ lain yang para penipu pake di luar sana, jadi dalam berbelanja online, kita WAJIB berhati-hati. Baik yang lewat market place ataupun yang langsung kontak ke sellernya. Tapi, lebih aman lagi siy kalo sekalian aja lewat market place. At least, mereka bisa bantu kita nampung keluhan, mantau transaksi dan bagi-bagi voucher promo. Ehhe. Kalo ada ciri-ciri tambahan yang aku belum sebutin, silakan tambahin yaa guys!

Sekian dulu dari aku sore ini, mesti siap-siap pulang karena uda masuk jam 5 sore. Akhir kata, ciao bella! Eh, babay maksudnya. ^^//

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Chinese Drama Half Review : Derailment

 Hiiiiihooooo everybodyyyyy! How's your life today? I’m back again after a really long break. Hehehe. And to proof that my English writi...