Rabu, 21 September 2022

Menyikapi ramalan..?

cr. pinterest

Ha to the i, haiiiiii…. Cuada di tempat aku hari ini itu panas bet sekarang. Sidoarjo kayak simulasi padang mashar kata orang. Naudzubillah wkwkwkwk bcanda aja yaa wahai para malaikat :’D  Gimana kalo di rumah kelen guys? Panas begini juga ngga? Nah, panas-panas kek gini enaknya kita ngobrolin sesuatu yang random. Gaskeun ngga? Gas dooong masa engga….

Anyway, karena beberapa waktu belakangan ini aku sering banget nyasar ke video-video yang random banget di Youtube, aku positively learnt something yang aku ngga pernah bayangin. Ngenal istilah-istilah baru kayak Law of Attraction, tarot reading, manifestation, divine timing, twin flames, etc. Well, dalam islam percaya ramalan itu 100% dosa, no debat. Iya. Dosa gedeeeee banget. Cuma ada satu ramalan yang boleh kelen percaya, ramalan cuaca, wkwkwk. Tapi itupun juga ngga bisa 100% resonate yaa guys, kalau resonate, bisa langsung aja kontak ke Allah ta’ala, wkwkwk.

Tapiii menurut aku, menurut aku, menurut aku yaa, aku tekanin sekali lagi, menurut aku, yang membuat kita berdosa mempercayai ramalan itu sebenernya bukan peramalnya, bukan juga hasilnya, tapi karena manusia dengan segala kekurangan dan rasa keingitahuannya yang tidak bijaksana dalam menyikapi ramalan. Kenawhy? Karena mungkin manusia itu kalo diramal baik dia bakalan males-malesan buat ibadah, buat kerja, dan ngga mau percaya lagi dengan segala ketetapan Allah. Sedangkan Allah itu maha sempurna, maha besar, maha berkuasa atas segala hal yang terjadi di bumi dan seisinya. Sedangkan peramal itu bisa aja salah, bisa aja ngga benar perkataannya. Dan kalo manusia itu lebih mempercayai apa kata peramal dan tidak mempercayai dan meyakini ketetapan Allah, ya valid itu mah dosa ga bisa ditawar.

Terus gimana caranya biar engga dosa? Aku terlanjur baca ramalan nih, dan kayaknya kok bener. (disclaimer, ini hanya pandangan aku, aku mungkin terlihat sebagai orang yang mencari validasi atau pembenaran, atau apa dan pasti akan ada yg pro dan kontra, banyakan kontra, jadi silakan disimpan aja opininya, karena aku ngga bermaksud menyerang/menghakimi/menyangkal/melukai pendapat siapapu yang baca ini yaa, mohon maaf sebelumnya).

Pertama, kalo menghadapi ramalan baik, anggap aja kalian itu didoain. Kalian manifestasiin dalam doa kepada Tuhan sesuai keyakinan masing-masing, berharap semoga aja hal baik itu menjadi kenyataan atau minta Tuhan agar berkenan memberikan kenyataan yang kalo bisa lebih baik daripada ramalan ini. Misalpun ternyata ramalan baik itu belum menjadi kenyataan, jangan berhenti husnudzon dengan segala ketentuan dan takdir dari Tuhan. Mungkin kita sedang diuji untuk level up menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Banyakin bersyukur juga biar semua yang kita cita-citain, kita manfestasiin bisa menjadi kenyataan. Bukannya malah makin males ibadah tapi makin rajin nyari peramal, males kerja ngerasa ramalannya bakal jadi nyata dalam sekejap. Ya jelas aja dosa guys.

Ramalan baik bisa aja menjadi nyata kalo kita justru semakin keras berupaya dan berusaha untuk mewujudkannya. Kalopun ternyata ramalan tersebut jadi kenyataan meskipun kalian engga kerja dan berusaha, ingat, dalam hidup ada yang namanya ujian. Tuhan tuh kalo mau ngasih kaya dalam sedetik aja bisa, atau sebaliknya juga bisa. Semudah mencetikkan jari. Karena apa? Tuhan lah yang maha kaya dan berkuasa di dunia ini. Kalo kalian tiba-tiba diramal besok jadi sultan, kalian engga usah kerja, engga usah beribadah, duit ngalir lancar tapi Tuhan ngga mau kasih? Nyaho ngga lu, wkwkwkwk.

Kedua, begitupun sebaliknya. Kalo kalian diramal buruk, yaa jangan sedih, merana, hilang semangat, males kerja dan ibadah. Fix dosa! Kalo diramal buruk, anggep aja kita nerima early warning atau peringatan dini. Kita mesti flashback, mawas diri, koreksi diri, aduh abisa ngapain yaa aku kok dibilang jelek begini takdir aku? Kalo uda nemu jawabannya, kita harus merubah sikap kita. Jika memungkinkan untuk minta maaf dan mengubah keadaan, yaa lakukan. Lakukan hal baik yang memang perlu dilakukan untuk mencegah agar hal buruk itu ngga sampe kejadian. Tetap waspada, mawas diri, rendah hati, bekerja keras dan beribadah seperti biasa. Mohon ampun pada Tuhan, mohon perlindungan dariNya agar tidak terjadi hal buruk pada diri kita dan keluarga kita. Bukannya langsung down, kena mental, tapi ngga ngelakuin apa-apa, itu bodoh namanya.

Ketiga, ramalan baik atau buruk, jangan berhenti untuk tetap yakin dengan segala takdir dan ketetapan Tuhan. Engga ada yang maha mengubah segala sesuatu di dunia ini kecuali Dia yang maha agung. Bukannya kalo ramalannya terwujud terus langsung setop ibadah dan malah ngacangin Tuhan demi peramal. Engga gitu woy! Ibadah, Tuhan itu tetap urutan pertama. Sisanya jika ramalan tersebut, entah baik atau buruk, itu cuma sesuatu yang Tuhan mau kasih lihat ke kita kalo emang seberkuasa itulah Tuhan atas bumi ini dan diri kita. Jangan terlalu dimasukin atau ditelan mentah-mentah. Enggak banget asli.

Ini bukan validasi dari aku buat kalian langsung serta merta nyari peramal demi minta ‘pencerahan’ gimana jodoh saya, gimana karir saya, apa saya akan kaya raya, bukan. Ini cuma opini aku. Sekali lagi, opini aku dalam menyikapi ramalan. Tetap bertakwa pada Tuhan, pasrah dengan hasil dari segala daya upaya yang sudah kita usahain dengan baik sejauh ini. Tetap jalani hidup dengan menjadi orang baik. Insyaa allah, Tuhan akan kasih yang terbaik yang kita butuhkan.

Jadi segini dulu aja postingan aku, aku harap ngga ada orang ke triggered karena postingan ini. Semoga aja semua hal baik yang kita cita-citain diaminin malaikat dan diijabah sama Allah yaa. Aaamiin. Dah gitu aja, selamat siang, jangan lupa sholat, makan, minum obat buat yang sakit dan balik kerja lagi abis ini. Bye! Assalammualaikum!

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Chinese Drama Half Review : Derailment

 Hiiiiihooooo everybodyyyyy! How's your life today? I’m back again after a really long break. Hehehe. And to proof that my English writi...